MEDIA INFORMASI DESA BULAN MANGGARAI NTT

Jumat, 12 Juli 2019



Suku Mbero merupakan salah satu suku di Kerajaan Todo zaman dulu di bawah Hamente Lelak dan pembagian hak ulayatnya diatur oleh Glarang Leko. Menempati wilayah dataran tinggi di Kabupaten Manggarai kecamatan Ruteng Desa Bulan.
Taji Misa yang merupakan cikal bakal Leluhur Mbero datang pertama kali dari Kerajaan Goa Talo menempati wilayah Rego di wilayah Manggarai Barat Kecamatan Macang Pacar. Menurut kisah orang tua yang diwariskan secara turun menurun. Taji Misa membawa serta Sempara anak semata wayangnya dari Goa, ketika tinggal di Rego mereka membuntuti babi binatang buruannya maka sampailah mereka di Dese dan menetap di sana. Di Dese, Taji Misa kawin dengan wanita lokal maka lahirlah Empo  Rios dan memilik anak yang bernama Ampel sebagai empo mesenya suku Mbero. Anak kedua Nggoro cikal bakal Wakel, Rejeng dan Manu. Anak ketiga Do cikal bakal Tonggur, Mbohang dan anak ke empat Nande Cikal bakal Karot dan Mbohang.
Awalnya Lelak merupakan wilayah dalu Welak. Dalam perkembangannya Lelak berdiri sendiri sebagai Dalu otonom. Pembentukan Lelak sebagai Dalu dilatarbelakangi berbagai kasus pembunuhan utusan Dalu Welak yang datang mengundang Kraeng Taji Misa untuk mengikuti sidang di  Welak.
Aksi pembunuhan yang dilakukan oleh Taji Misa ditanggapi secara bijak oleh Raja Todo (Raja Wunut) yang bernama Baruk dengan pengangkatan Lelak sebagai Dalu yang otonom. Empo Ampel yang nama jagoannya (paci)  Pae Mendaes memiliki dua orang anak Waek emponya gendang Mbero Anam dan adiknya Dor emponya gendang Mbero Nangka.
Oleh Glarang Leko sebagai panitia pembagian tanah maka Mbero memperoleh 54 lingko Randang dan dibagi 2 kepada gendang Anam dan Nangka masing-masing 27 lingko. Wilayah lingko gendang Nangka:
No.
Nama Lingko
No.
Nama Lingko
No.
Nama Lingko
No.
Nama Lingko
1
Bangka Mbero
8
Coca
15
Koter Le
22
6 lingko terakhir ada dalam surat KAR (surat sah pembagian tanah linko zaman RajaTodo)
2
Juling
9
Wae Teku
16
Koter Lau
23
3
Watu Gak
10
Bea Nunang
17
Nangka
24
4
Roga
11
Mpumpung
18
Pering
25
5
Kanggung
12
Bea Nggana
19
Wae Rua
26
6
Golo Nara
13
Wulang
20
Lagur
27
7
Wae Ratung
14
Golo Watu
21
Welu



















1 komentar:

DAFTAR TOTOJITU BANDAR TERPERCAYA mengatakan...

profisiat amang...ceritanya bermanfaat sekali untuk generasi penerus